Search Engine Submission - AddMe

Perbedaan Notebook dan Netbook

Lama sudah tidak pernah posting artikel-artikel menarik disebabkan kebanyakan posting software dan games warez alias bajakan makanya nulis artikelnya jadi jarang... . Kali ini saya akan menuliskan tentang beberapa kriteria yang orang sering salah tangkap atau salah pengertian mengenai dua barang komputer portable (bisa dibawa-bawa) yakni Notebook dan Netbook. Sebenarnya ini sudah banyak dibahas oleh beberapa blog atau forum-forum tertentu, namun saya sengaja menuliskan kembali postingan tentang Perbedaan Notebook dan Netbook ini untuk memberikan informasi khususnya bagi pengunjung Setia blog saya Ciyee elah.. dan umumnya untuk khlayak umum atau sekedar buat baca-baca aja biar nambah pengetahuan biar gak gaptek . Meskipun beberapa blog atau forum-forum tertentu sudah banyak yang membahas ini, tetapi pembahasan tentang Perbedaan Notebook dan Netbook ini masih belum tuntas masih banyak yang belum tahu atau salah tangkap. Atau yang lebih parah lagi Udah gak tau gak mau cari tau.., eh.. Belum Tau Malah Sok Tau

Banyak yang mengatakan : "Laptop itu yang ukurannya gede dan Notebook yang ukurannya kecil". Gubrak dah... . Laptop dan Notebook sama aja dia-dia juga

Kembali ketopik pembahasan, setidaknya banyak versi tentang pembahasan masalah perbedaan Notebook dan Netbook ini, namun dari banyaknya versi tersebut akhirnya saya rangkum dan simpulkan di racik sedemikian rupa dengan ditambah bumbu garam, bawang, dan cabei.. Gubrak kok jadi ngaco
Berikut ini kutipan yang saya Copas (Copy-Paste) dari http://detikinet.com
Mau Tahu Perbedaan Netbook dan Notebook?
Ardhi Suryadhi - detikinet


Jakarta - Industri PC telah melahirkan spesies produk baru. Bentuknya terlihat seperti notebook tetapi bukan notebook. Produk ini diberi nama netbook. Seperti apa ciri-cirinya?
Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan, perbedaan antara netbook dan notebook yang paling mendasar adalah dari sisi fungsionalitas. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.
"Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar," tuturnya, dalam temu media di Cafe Neo Vanity Jakarta, Kamis petang (17/7/2008).
Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci. "Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inci, kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi," tukas Budi.
Ketersediaan input dan output devices di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB.
Alasannya, kata Budi, karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya yang lebih condong untuk content consumption.
Pastinya dari sisi harga keduanya tentu juga berbeda. Rata-rata netbook dibanderol di kisaran US$ 250 - US$ 450, sedangkan notebook minimal US$ 500.
Di Indonesia sendiri, sejumlah produsen PC telah masuk ke bisnis netbook. Acer adalah produsen PC teranyar yang merilis netbook Aspire One. Sebelumnya ada Zyrex, Asus, MSI dan Hewlett-Packard -- dengan mini notebooknya -- yang telah lebih dulu menjejakkan kaki di lahan bisnis ini.
Jadi, apa pilihan Anda?
Dari kesimpulan di atas, saya simpulan tentang kriteria Notebook dan NetBook.

NETBOOK / mini Notebook

Lebih banyak disebut Netbook. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inci, kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi


Di-Copas dari blog gak tau gak jelas mana sumbernya..
Pada awal mereka di akhir 2007 – seperti notebook kecil dioptimalkan untuk berat badan rendah dan biaya rendah. netbook dihilangkan fitur tertentu (misalnya, optical drive), menampilkan layar yang lebih kecil dan keyboard,dan menawarkan spesifikasi berkurang dan daya komputasi. Selama evolusi mereka, netbook memiliki ukuran berkisar dari bawah 5 “diagonal layar. sampai 12?. Sebuah berat khas adalah 1 kg (2-3 pound). Seringkali secara signifikan lebih murah daripada laptop lain, pada pertengahan 2009, beberapa operator data nirkabel mulai menawarkan netbook kepada pengguna “gratis”, dengan pembelian kontrak perpanjangan layanan.
Dalam waktu singkat sejak penampilan mereka, netbook telah tumbuh dalam ukuran dan fitur, sekarang konvergen dengan baru yang lebih kecil, notebook ringan. Pada bulan Agustus 2009, ketika membandingkan netbook Dell ke notebook Dell, CNET disebut netbook “tidak lebih dari notebook yang lebih kecil, lebih murah,” mencatat, “spesifikasi sangat mirip bahwa rata-rata pembelanja kemungkinan akan bingung mengapa satu adalah lebih baik daripada yang lain, “dan ” satunya kesimpulan adalah bahwa tidak benar-benar ada perbedaan antara perangkat “.. Netbook sekarang biasanya menggunakan Windows 7 Starter yang Microsoft menjual pada harga yang lebih rendah tetapi membatasi untuk menurunkan spec hardware
Spesifikasi Umum Netbook
  • Possessor udah Pasti Intel ATOM kecepatan kisaran 1,6 - 1,8 Ghz berarti setara Komputer Pentium 4 JADUL
  • RAM kisaran 1-2 GB dengan DDR2 atau DDR3. Kalo DDR3 masih lumayan cepet
  • VGA kalo Intel udah pasti VGA Intel GMA, kisaran VRAM atau kecepatan VGA rata-rata 256 MB gak tau sejauh ini kecepatan VGA Netbook yang saya amati belum sampe 512 MB, mungkin sekitar 5 atau 10 tahun lagi kale... atau Emang udah mentok sampe situ doank
  • Harddisk SATA, besar HDD kisaran 160 GB - 320 GB yah... masih lumayan lah buat nyimpen-nyimpen data
  • Ukuran Monitor LCD 7-10 inci
  • Gak Ada DVD-ROM/RW, CD-ROM/RW, jadi kalo mau Install Windows atau OS lain harus menggunakan USB Flashdisk atau Harddisk External atau CD/DVD-ROM/RW Extrenal.
  • Daya Tahan Baterai Netbook 3-5 JAM. Hal ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibandingkan dengan notebook.
  • Harga Netbook kisaran 2,3 Juta - 5 Jutaan. Ini yang menjadi recomended disarakan bagi kalangan pelajar dan Mahasiswa Kere alias miskin kaya saya
  • OS Kebanyakan Windows 7 Starter, kenapa bukan Windows XP aja kan lebih Ringan XP daripada Win7 ? . Pertanyaan ini sering sekali saya jumpai, saya hanya dapat menjawab WinXP dirancang pada tahun 2002 - 2006 (Sp3) dan pada waktu itu Harddisk SATA belum ada, dan Netbook menggunakan harddisk SATA AHCI, oleh karena itu, SAYA KATAKAN di NETBOOK BUKAN TIDAK BISA INSTALL WINXP, MELAINKAN INSTALLNYA HARUS MENGGUNAKAN DRIVER SATA CONTROLLER AHCI, jika Anda ingin mengganti Netbook Anda dari Win7 menjadi WinXP Anda bisa mengikuti langkah yang telah saya tulis dipostingan lalu ( http://thashzone.blogspot.com/2010/10/cara-install-windows-xp-di.html )
Lalu kalau spesifikasi segitu.. berati Netbook bisa dikatakan spesifikasi komputer JADUL.. dikarenakan setara Pentium 4 PRESCOT (kalo gak salah komputer tahun 2004-an) . Dan YANG PALING PENTING NETBOOK TIDAK DIRANCANG BUAT MAEN GAME, Rata-Rata game yang dapat dijalankan Netbook hanyalah game yang dibuat tahun 2005 kebawah dan beberapa GamesHouse atau Minigames.

NOTEBOOK / LAPTOP

NOTEBOOK / LAPTOP kedua-duanya masih dikenal dan sibut oleh banyak orang, dan keduanya merupakan satu Istilah berbeda tetapi barangnya sama. NOTEBOOK = LAPTOP. Lalu kenapa bisa ada Satu Barang Yang SAMA memiliki DUA Istilah yang Berbeda, berikut simpulan yang saya dapatkan dari beberap sumber :

LAPTOP=NOTEBOOK => pada awalnya, hanya ada komputer yang namanya DESKTOP yang ukurannya gede banget,, tapi,, selanjutnya ada komputer yang diportable kan dan ukurannya sangat kecil yang disebut dengan NOTEBOOK,, kata NOTEBOOK itu sendiri artinya BUKU TULIS karena ukurannya sangat kecil dan dapat dilipat seperti buku tulis.

LAPTOP => karena kebanyakan pengguna NOTEBOOK menggunakannya di atas paha dibanding dengan di meja,, jadi ada istilah baru yang disebut LAPTOP,, LAPTOP sendiri terdiri dari dua kata yaitu LAP = PANGKUAN,, dan TOP=ATAS,, jadi kalo digabungin DIATAS PANGKUAN.
Atau Bisa Baca dari sumber Wikipedia Indonesia yakni Perbedaan Istilah Notebook dan Laptop :
JADI SEKALI LAGI SAYA KATAKAN NOTEBOOK = LAPTOP GAK ADA BEDANYA.. HANYA DUA ISTILAH BERBEDA TETAPI SATU BARANG YANG SAMA.


Spesifikasi Umum Notebook
  • Proccessor Hapir Sama Setara dengan PC kecepatan kisaran 3,0 GHZ, ada yang Core 2 Duo - iCore7 yang terbaru sekarang atau AMD Phenom X2 - AMD Phenom II X4 dan kabarnya sekarang denger-denger udah bisa AMD Phenom II X6.. Waw Luar biasa sudah setara dengan komputer PC terbaru.
  • RAM DDR2 atau DDR3 dengan kecepatan kisaran 1GB - 8GB bahkan katanya sekarang denger-denger sudah bisa 16 GB.. Waw Ampun dah kenceng amir.. komputer saya aja cuma pake RAM DDR2 2 GB lagi  
  • VGA Yang Umum Intel GMA, tetapi sekarang sudah banyak yang NVIDIA dan ATI. kalo pake dengan kecepatan VRAM mulai 256 MB - lebih  Notebook yang VGAnya NVIDIA dan ATI udah gak usah ragu beli aja udah pasti Puas buat maen Game No Lelet No Leg tapi sayangnya kalo Notebook yang VGAnya NVIDIA dan ATI harganya kisaran 5 Juta - Atau Lebih Gak Recomended buat yang Kere atau Miskin kwkwkwk
  • Harddisk, besar kisaran 160 GB - Lebih, denger-denger katanya udah ada Notebook yang HDDnya 1 Tera waw berati 1024 GB
  • Notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci.
  • Notebook dapat digunakan untuk multimedia (nonton DVD, edit mp3, edit foto,dll), dapat pula digunakan untuk bermain games ringan-berat.
  • Harga, Mulai dari 3,5 Juta - atau lebih, malah temen saya ada yang pernah beli Notebook Toshiba dengan Harga nyape 18,5 Juta itu juga spesifikasinya hampir sama dengan komputer saya cuma beda RAM doank.. dia pake DDR3 saya DDR2
Kesimpulan

Sebelum Anda ingin membeli sebuah Komputer Portable (bisa dibawa-bawa) seperti Notebook atau Netbook ada baiknya dipikir-pikir dahulu sebelum bertindak, dipikirkan lagi untuk kebutuhan apa Anda membeli barang tersebut. Kalau sekedar untuk Ngetik, Main Internet, Chatting, Presentasi, Programmer pengelolah programming yang ringan seperti (VB6,Delphi7,Pascal,PHP,HTML,SQL, dsb) yang sibuk, sebaiknya Anda membeli NETBOOK karena selain kecil, ringan, murah, ekonomis juga sudah lumayan bagus untuk kebutuhan tersebut. Jangan salah beli, beli Netbook buat maen Games, udah gitu Gamesnya Spek berat lagi kaya PES 2011, COD Black OPS, FIFA 11, dll Udah Pasti gak bakalan Jalan Sampe kiamat pun kwkwk .

Kalau Anda seorang Design Grafis, Editing Audio/Video atau Seorang Programmer yang menjalankan Compiler yang berat seperti (Delphi XE 2011,VB DotNet, Visual Studio DotNet, dll) yang sibuk tidak ada waktu yang dikejar-kejar date-line kwkwk ngejar gaji kale . Sebaiknya beli Notebook/Laptop, karena itu sangat cocok.

Lalu bagaimana dengan Game Maniak atau Pecinta Game yang pengen maen game di mana pun - kapan pun, selagi Ada waktu Maen.. dengan komputer yang bisa dibawa-bawa ? Jawabanya BELI LAPTOP Dengan beberapa Syarat Processor Minimal Core 2 Duo atau AMD Phenom X3 dengan DDR3 2 GB, VGA NVIDIA atau ATI 1 GB. dan biasanya harganya Mahal-Mahal kisaran mulai dari 5 Jutaan - Lebih. Dan Sebaiknya Gunakan Notebook/Laptop yang sudah dikhusukan untuk Gaming yakni ALIENWARE

Situs Resmi Alienware : http://www.alienware.com/
Kalau mau tahu tentang alienware, ini ada beberapa review dari Chip
http://chip.co.id/articles/news/2009/12/04/alienware-akhirnya-hadir-di-indonesia/

Dan kalau mau tahu kisaran harga Notebook/Laptop Alienware bisa lihat (rata-rata kisaran 20 Jutaan )
Gambar Alienware WAW
OKEY Sekarang Mau Pilih Mana ?? Tentukan Pilihan Mu
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

1 comments:

mamien mengatakan...

bagus gan infonya..
kunjung balik ya gan...

Posting Komentar

 
Kolong Hijau Design by Trick and Tips Powered by Blogger