Search Engine Submission - AddMe

Awas, Ada Video Teror Bom Palsu di Facebook

Oslo - Insiden penyerangan dan teror bom yang terjadi di Oslo, Norwegia, dimanfaatkan penjahat cyber untuk menjalankan aksi tipu-tipunya. Seperti biasa, pelaku beraksi di Facebook dengan menawarkan video kejadian tersebut kepada Facebooker.

Tentu saja, Anda jangan lantas percaya. Sebab itu hanyalah tipuan. Meski mengklik link video yang dimaksud, Anda tidak akan menemukan yang diinginkan. Namun bisa bisa malah menjadi korban dimana data pribadi Anda yang akan dicuri.

Menurut perusahaan keamanan Sophos, scammer (pelaku) menyebutkan bahwa video tersebut diambil dari kamera yang berada di gedung pemerintah Norwegia disekitar tempat kejadian. Disebutkan pula, ada sekitar 10 korban tewas dalam video tersebut.

Namun yang sebenarnya terjadi adalah, tidak ada satupun kamera keamanan yang menangkap rekaman video tersebut. Jadi intinya, video tersebut hanyalah bohong belaka dan hanya akan melarikan pengguna yang mengklik link tersebut ke situs yang sudah dipersiapkan untuk mencuri data-data pribadi korban.

Pengguna Facebook wajib waspada. Adapun video tipu-tipu yang dimaksud memiliki judul "[Video] OSLO Security Camera Captures Blast!"."Jangan mengkliknya, hapus saja dari feed Facebook Anda, dan laporkan kepada bagian keamanan Facebook," tukas Sophos, dari Mashable, Senin (25/7/2011).

Sebelumnya, Anders Behring Breivik ditangkap atas dugaan pengeboman dan penembakan di Norwegia. Pria berambut pirang itu disebut-sebut terkait ekstrimis sayap kanan. Proses pemeriksaan masih dilakukan.

Kepala kepolisian Norwegia Sveinung Sponheim mengatakan, penyidik masih mencari kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus ini. Terutama dalam kaitan dengan peristiwa penembakan di pulau Otoeya, dekat kota Oslo.

Jumlah korban tewas dalam dua serangan teror yang mengguncang Norwegia ini ada 92 orang. Sementara lima orang dikabarkan hilang.Lima orang yang hilang masih dicari petugas kepolisian menggunakan kapal selam mini. Mereka adalah bagian dari peserta perkemahan Partai Buruh yang digelardi pulau Otoeya, dekat kota Oslo.


Sumber: detikinet.com

subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 comments to Awas, Ada Video Teror Bom Palsu di Facebook :

Posting Komentar

 
Kolong Hijau Design by Trick and Tips Powered by Blogger